https://industri.kontan.co.id/news/sejumlah-proyek-gpra-bakal-rampung-di-2018

 

Sejumlah proyek GPRA bakal rampung di 2018

Kamis, 13 Juli 2017 / 18:10 WIB
Sejumlah proyek GPRA bakal rampung di 2018
Berita Terkait

JAKARTA. PT Perdana Gapuraprima Tbk (GPRA) akan merampungkan beberapa proyek garapannya di akhir tahun 2017 dan 2018. Proyek tersebut adalah Bhuvana Condotel and Apartment di Ciawi, Bogor dan Belleveu Place Apartment di MT Haryono, Jakarta.

Bhuvana ditargetkan akan selesai dibangun pada akhir tahun 2017 sampai awal tahun 2018. Total unit yang ada adalah 220 unit (193 unit condotel dan 27 unit apartment). Sampai sekarang, unit yang sudah terjual sebanyak 106 unit condotel dan 2 unit apartment. Kisaran harganya Rp 600 juta hingga lebih dari Rp 1 miliar dengan ukuran antara 35 meter persegi (m2) sampai 78 (m2).

Sedangkan Belleveu Place akan selesai di akhir tahun 2018. Belleveu Place memiliki 300 unit dan sudah terjual sebanyak lebih dari 60%. Untuk tipe kecil, sudah hampir terjual semua dengan harga rata-rata Rp30 juta.

“KamiĀ memiliki strategi untuk sebagian kamar kecil ditahan karena untuk service apartement recurring income. Bisa disewakan secara bulanan, semacam hotel,” ungkap Direktur PT Perdana Gapuraprima Tbk Kelik Irwantoro saat dihubungi KONTAN (11/7).

Untuk tipe besar, dijual dengan kisaran harga Rp2,5 miliar sampai dengan Rp30 miliar. Namun Kelik menegaskan harga tersebut akan tergantung dinamika ekonomi Indonesia. maka dari itu, harga sewaktu-waktu bisa berubah.

Untuk proyek perumahan, Kelik mengatakan, proyek ini sistemnya berkelanjutan. Bila sebuah cluster sudah terjual, Gapuraprima akan menambah cluster kembali. Terdapat dua proyek perumahan yang sedang dijalankan, yaitu Bukit Cimanggu City Bogor dan Metro Cilegon Jawa Barat.

Untuk Bukit Cimanggu City, Kelik mengatakan penjualannya masih bagus karena letaknya yang strategis. Lokasi dekat dengan stasiun KRL, institusi pendidikan, pusat perbelanjaan, dan rumah sakit. Kisaran harga jual antara Rp680 juta hingga Rp1,7 miliar dengan luas tanah 70 m2-200 m2.

Di Metro Cilegon, harga rumah tergantung luas tanah. Kelik mengatakan, kisaran harga jual antara Rp 500 juta sampa Rp1 miliar dengan luas tanah 60 m2-240 m2.

Untuk rencana proyek selanjutnya, Gapuraprima akan membangun West Town Cengkareng (Apartment, Hotel, dan Kantor) dan Grand Park Pakuan Bogor (Apartment). Keduanya sedang dalam proses perizinan pembangunan. Kelik menargetkan segala perizinan selesai pada tahun ini sehingga di awal 2018 sudah bisa melakukan pemasaran untuk penjualan.

“Penyelesaian bangunannya sekitar tahun 2020. Kita harus memperhatikan kompetitor di daerah tersebut dan market study,” jelas Kelik.

Dengan begitu, total landbank yang belum digarap PT Perdana Gapuraprima Tbk seluas 100 ha. Kelik menargetkan, marketing sales PT Perdana Gapuraprima Tbk di tahun 2017 sekitar Rp700 miliar. Kontribusi terbesar akan bersumber dari proyek perumahan sebesar 60%. Sisanya bersumber dari apartemen.

Reporter: Ivana Wibisono
Editor: Rizki Caturini